6 pemain Top Eropa yang memutuskan pensiun usai musim 2016/2017

Musim Liga 2016/2017 telah berakhir dan meninggalkan banyak momen penting bagi setiap para pemain top di Eropa. Sama seperti sebelumnya bahwa akan ada pertemuan serta perpisahan dan mau tidak mau inilah yang terjadi pada para pennggemar dunia sepakbola yang harus menerima dan merelakan keputusan para pemain idola mereka yang memutuskan pensiun dari lapangan hijau.

Hal ini tentu saja menjadi momen yang sangat emosional bagi sang pemain dan para penggemarnya. Karena mengingat disepanjang perjalanan karir mereka, tidak pernah terlepas dari dukungan para fansnya. Sebaliknya para penggemar merasa menemukan sosok yang bisa dijadikan sebagai pahlawan dilapangan hijau dalam diri sang pemain.

Baca juga : Hasil pertandingan Liga Italia Serie A 22 Mei 2017, skor Lazio 1 vs 3 Inter Milan

Nah berbicara mengenai hal tersebut, berikut ini enam pemain top di Eropa yang memutuskan pensiun periode 2016/2017.

Philipp Lahm
 (www.theworldgame.sbs.com.au) Philipp Lahm
Philipp Lahm adalah salah satu pemain jebolan akademi Bayern Munchen yang menjalani  masa debutnya bersama klub Bavaria pada tahun 2002, lalu dipinjamkan selama dua tahun ke klub VfB Stuttgart hingga akhirnya Philipp Lahm kembali lagi ke klub asalnya dan menjadi pemain untama untuk Bayern Munchen. Bahkan sampai masa pensiunnya di usia 33 tahun, ia menjabat sebagai kapten dalam tim tersebut serta kapten timnas di negaranya, Jerman. 

Xabi Alonso
(www.twitter.com/FCBayern) Xabi Alonso
Xabi Alonso memulai debutnya bersama Real Sociedad sebelum memutuskan berlabuh ke Inggris bersama Liverpool pada tahun 2004. Ia membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia dengan berbagai prestasi di level klub dan timnas. Bahkan, sejumlah klub top eropa seperti Real Madrid pernah di hinggapinya, sebelum akhirnya memutuskan pensiun di usia 35 tahun bersama Bayern Munche. 

Francesco Totti
  (www.eurosport.com) Francesco Totti
Francesco Totti adalah pemain yang memulai debutnya  bersama  As Roma saat ia masih  berusia 16 tahun. Totti di kenal sebagai salah satu pemain yang memiliki loyalitas tinggi terhadap klubnya, As Roma. Sampai-sampai ia di juluki sebagai pangeran Roma. Hingga kini, di usianya yang ke 40 tahun Totti memutuskan pensiun setelah musim 2016/2017 berakhir. 

Frank Lampard
(www.dailymail.co.uk) Frank Lampard 
Frank Lampard memulai debutnya bersama dengan West Ham United sebelum ia mencapai puncak karirinya di Chelsea. Lampard di kenal sebagai pemain gelandang yang memiliki keterampilan mencetak gol yang sangat baik. Bahkan sebagai seorang gelandang ia telah mencetak 177 di Premier League hingga akhirnya ia memutuskan berlabuh ke New York City pada tahun 2015 lalu dan memutuskan pensiun di usia 38 tahun. 

Steven Gerrard
(www.espnfc.com) Steven Gerrard 
Steven Gerrard adalah salah satu pemain yang sangat setia terhadap klubnya, Liverpool. Semenjak debutnya bersama Liverpool pada tahun 1998, Gerard telah menghabiskan 17 musim di Anfield. Memasuki possi tim utama pada tahun 2000 dan di tunjuk sebagai pengganti Sami Hyypiä sebagai kapten tim pada tahun 2003. Namun pada tahun 2015 Gerard pindah ke MLS bersama LA Galaxy dan pensiun pada akhir musim MLS 2016. Saat ini Gerrard menjadi pelatih tim U-18 Liverpool. 

Dirk Kuyt
 (www.Goal.com) Dirk Kuyt
Dirk Kuyt adalah pemain asal Belanda yang memulai karir profesionalnya bersama klub Utrecht  pada tahun 1998 dan memutuskan hijriah ke Inggris bersama Liverpool pada tahun 2006. Di musim pertamanya bersama Liverpool ia berhasil mencapai final Liga Champion dan mencetak satu-satunya gol kekalahan untuk The Reds pada saat itu. Kemudian ia pergi dari Liverpool menuju Fenerbahce dan menjuarai Liga Turki pada musim 2013-2014. Namun pada akhirnya ia memutuskan kembali lagi ke Feyenoord dan meraih gelar Eredivisie lalu meutuskan pensiun di usia ke  36.

Komentar