7 cara merawat laptop agar tidak mudah rusak

Anda pernah merasa galau karena laptop mudah rusak? itu mungkin saja karena cara pemakaian yang anda lakukan ada yang kurang tepat atau mungkin saja ada kesalahan ketika anda melakukan perawatan laptop.

Seperti yang kita ketahui bahwa laptop merupakan sebuah alat yang sering di gunakan untuk membantu pekerjaan ataupun tugas anda. Jadi, sebaiknya melakukan penggunaan serta perawatan laptop yang baik dan benar.

Merawat laptop sangat mudah sebenarnya  jika kita tahu caranya. Karena jika cara merawatnya asal -asalan maka akan lebih memperpara keadaan laptop itu sendiri.

Jadi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terhdap laptop anda, maka dari itu silahkan coba baca cara merawat laptop agar tidak mudah rusak.

Baca juga : Mark Zuckerberg di wisuda, beredar rumor karena mau mencalonkan jadi Presiden AS

1. Jangan menyalakan laptop selama 24 jam

Walaupun laptop hanya merupakan sebuah alat, bukan berarti kita bisa semaunya menggunakan tanpa ada istirahat. Ingat laptop juga terdiri dari beberapa bagian atau komponen penting yang sangat sensitive.

Sensitive di sini berarti komponen laptop tidak selamanya dirancang untuk terus-menerus bekerja 24 jam. Walaupun mungkin laptop anda menggunakan kipas karena banyak kasus kipas pun ikut menjadi panas.

Paling tidak normalnya dalam penggunaan sebuah laptop adalah selama 4-5 jam, setelah itu matikan dan beri waktu istirahat sekitar 20 menit.

2. Jangan pernah menjatuhkan laptop

Masalah laptop jatuh saya sendiri penah mengalaminya dan tidak butuh waktu lama saya harus ganti laptop baru.

Jika memang masalah ini menimpah anda maka usahakan jangan sering terjadi. Mengapa?

Dari pengalaman saya, LCD laptop langsung blue screen, laptop menjadi cepat panas bahkan sering terjadi restart sendiri ketika pemakaian.

Oleh karena itu ketika pergi kekampus, tempat kerja, atau kemanapun tujuan anda, usahakan selalu perhatikan baik- baik letak laptop anda supaya tidak muda jatuh.

3. Hindari penggunaan laptop di atas kasur

Jika anda merasa sering melakukan hal ini maka segeralah hentikan karena meletakan laptop di atas kasur dapat menghambat sirkulasi udara dibagian bawah laptop anda. Akibatnya laptop akan menjadi overheat atau cepat panas.

Jika suda demikian maka segeralah menabung karena anda akan segera membeli laptop baru. 

4. Matikan laptop Sesuai aturan

Walupun ini tidak ada undang-undangnya, tapi tidak ada salahnya kan bagi anda mematikan laptop sesuai ketentuan yang ada.

Jadi, bagaiman yang di maksud dengan mematikan laptop sesuai aturan atau ketentuan yang ada?
jawabannya ialah jangan pernah mematikan laptop secara paksa atau menekan tombol power secara langsung dengan tangan telunjuk anda.

Ketika hal ini anda abaikan dan sering terjadi maka motherboard dan prosesor laptop anda akan segera rusak.

Selain itu, perlu diperhatikan juga ketika laptop anda baru saja di matikan, jangan langsung menutup LCDnya karena akan terpengaruh dengan hawa panas keyboard.

5. Jangan meletakan  benda apapun di atas laptop

Adakalanya ketika kita menutup LCD laptop tanpa di sadari kita sering menaruh benda di atasnya. Ingat jangan pernah melakukan hal tersebut walaupun itu sering terjadi dan  dianggap sebagai hal biasa, mengapa?

Karena menaruh minuman, makanan, atau benda apapun yang bisa menyebabkan tekanan pada layar LCD, akan mempercepat kerusakan laptop anda.

Oleh karena itu, selalu sediakan tempat khusus untuk laptop anda sehingga tidak muda terjangkau dengan perlakukan sederhana tetapi bisa menyebabkan kerusakan yang fatal.

6. Jangan biarkan baterai laptop kosong atau terus tercharge

Seringkali para pengguna laptop lupa melakukan charge karena terlalu serius bermain laptop.
Padahal  membiarkan hal ini sering terjadi akan membuat baterai laptop anda jebol dan daya tampungnya akan berkurang. Maka dari itu, ketika peringatan baterai laptop menunjukan angka 10 atau 15 % segera lakukan charge.

Terus menerus membiarkan laptop tercharge juga tidak baik karena akan menyebabkan masalah yang serupa. Jadi, sebaiknya ketika baterai sudah menunjukan angka 100% maka segeralah cabut kabel charge anda.

7. Selalu bersihkan laptop dari debu

Salah satu cara terbaik untuk merawat laptop adalah dengan membersihkannya secara rutin.
Laptop yang selalu di bersihkan secara rutin akan terhindar dari debu yang berpotensi merusak komponen laptop seperti keybord, LCD, serta celah tertentu yang selalu dimasuki debu.

Sebab itu,, gunakan Cairan Spray dengan cara menyemprotkan ke layar LCD laptop, setelah itu gunakan lap untuk membersihkan sekaligus mengeringkannya.

Gunakan juga Mini USB Vacuum Cleaner atau kuas khusus untuk membersihkan cela-cela pada keybord yang sering di penuhi debu karena kalau menggunakan kain kurang efektif.

Selanjutnya gunakan lap untuk membersihkan seluruh body laptop dan juga jangan lupa untuk kembali mencuci lap yang sudah anda gunakan untuk dipakai pada hari berikutnya.

Usahakan lakukan pembersihan laptop anda setiap 2 minggu sekali.

Nah, itulah 7 cara merawat laptop agar tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian.

Komentar

  1. sering sering juga discan virusnya karena virus memang bisa cepat merusah laptop...
    http://cody.id/produk/kawat/kawat-serabut-cody/

    BalasHapus

Posting Komentar