Cara agar selamat dari ledakan bom atau teror

Beberapa waktu lalu dunia kembali digemparkan dengan adanya ledakan bom bunuh diri di Manchester Arena atau tepat disekitar konser Ariana Grande. Peristiiwa yang terjadi pada senin malam (22/5/2017) itu telah menelan 22 Korban tewas dan hingga kini  polisi setempat terus mencari siapa yang bertanggung jawab di balik peristiwa tersebut..

Belum lama dengan kejadian tersebut, kembali di Jakarta Timur, tepatnya di Kampung Melayu pada Rabu (24/5/2017) malam terjadi peristiwa serupa yang menewaskan 5 orang korban tewas. Setelah itu, beberapa hari kemudian ISIS mengklaim bertanggung jawab atas teror bom tersebut, dan hal ini terlihat sama seperti pada kejadian sebelumnya.

Melihat peristiwa ini sepertinya akan terus berlanjut dan oleh karena itu, di butuhkan kehati - hatian dari setiap warga masyarakat ketika berada di luar rumah apalagi tempat ramai. Bahkan, kalau perluh sebisa mungkin untuk menghindari suasana yang terlalu mencurigakan dan membawa firasat buruk  bagi anda.

Walaupun kematian tidak ada yang tahu tapi sebagai manusia yang di beri Tuhan  akal serta pikiran bahkan naluri tentu saja kita bisa menghindari kejadian naas seperti di atas. Berikut ini beberapa cara menjaga keselamatan diri dari ledakan bom.

1. Berdoa

Sebelum keluar dari rumah usahakan anda meminta perlindungan dari Tuhan. Tidak peduli apa agama anda, jika anda percaya kepada Tuhan maka mintalah kepadanya.

Selain itu, ketika ingin melakukan sesuatu diluar rumah dengan teman atau bepergian, usahan
meminta izin orang tua anda. Terkadang kata - kata orang tua sangat berpengaruh dengan keselamatan anda.

Baca juga : Menikmati keindahan pantai lampuuk pasca tsunami

2. Ketika ke sebuah konser atau menonton suatu pertandingan

Ketika ingin pergi ke sebuah konser atau menonton suatu pertandingan, usahakan perhatikan suasana di sekitar anda. Berikut tiga hal penting yang harus anda amati.

- Hindarilah orang yang membawa tas dan terlihat mencurigakan.
- Hindarilah menghadiri konser terbuka tanpa ada sweeping barang bawaan, sekalipun itu idola anda.
- Jangan berlama-lama jika konser sudah selesai.

Baca juga : 3 Video paling banyak ditonton di youtube sepanjang masa
Baca juga : Hasil pertandingan Final Liga Europa 25 Mei 2017, skor Ajax 0 vs 2 Manchester United 

3. Gunakan Aplikasi pendeteksi Bom

Gunakan aplikasi pendeteksi bom pada Smartphone anda seperti First Responder Support Tools (FIRST). Selain itu,, anda juga bisa mencoba aplikasi detektor lainnya. Setidaknya dengan memasang tools seperti itu, anda bisa mendapatkan warning dalam suatu keadaan tertentu.

Baca juga : Cicret Bracelet, gelang canggih yang bisa menampilkan display smartphone di tangan Anda

4. Mengenai teror di luar negeri dan di Indonesia

- Jika anda perhatikan, peristiwa teror di luar negeri kebanyakan pelaku menyasar masyarakat biasa atau lebih ke arah serangan yang membabi buta.  
- Di Indonesia peristiwa paling banyak terjadi adalah di mana para pelaku lebih sering menyasar aparat kepolisian dari pada masyarakat biasa. Walaupun memang pada kenyataannya ada juga masyarakat biasa yang ikut terseret. Tapi yang harus anda ketahui bahwa para pelaku teror di Indonesia terlihat seperti lebih memiliki dendam pada aparat kepolisian.

Melihat dua hal diatas kita sudah bisa menyimpulkan bagaimana kita harus berhati - hati

5. Waspada

Selalu waspada karena kita tidak tahu kapan sebuah teror akan terjadi. Namun, yang pasti hal tersebut akan terus terjadi hampir setiap tahunnya. Untuk itu kemanapun rencana anda untuk pergi coba terapkan terus tips di atas tadi.

Komentar