Cara belajar main gitar untuk pemula

Belajar bermain gitar bagi seorang pemulah memang membutuhkan keseriusan dan kerja extra keras untuk mencapai level yang lebih baik. Di mulai dengan menguasai teori yang baik kemudian praktek di jamin pasti bisa membuat sesorang akan merasa puas ketika memainkan gitarnya.

Bermain gitar pada intinya adalah menguasai nada dan bisa menerapkan sebuah chord secara tepat  entah itu untuk suatu lagu ataupun musik instrumental. Ketika hal ini bisa dicapai, maka jenis musik  apapun yang kita sukai pasti bisa dengan muda untuk kita mainkan.

Baca juga : 5 Penyanyi top dunia yang pernah menjadi Dubber dalam film Animasi 

Walaupun demikian, biasanya ada juga lagu tertentu yang membutuhkan pembelajaran khusus baru bisa di mainkan. Karena terkadang para musisi atau pencipta lagu menemukan chord ciptaannya sendiri ketika ia membuat sebuah lagu. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa ada ratusan bahkan ribuan pengembangan suatu chord dalam sebuah alat musik termasuk gitar. Jadi, chord gitar itu tidak sesempit yang dibayangkan.

Namun demikian, tidak perlu kita pusingkan dulu hal tersebut karena pada saat ini tujuan kita adalah cara belajar gitar untuk pemula saja. Jadi ini akan bertahap dan pasti akan ada kelanjutannya.

Nah, sekarang kita langsung saja ke tahap pembelajaran gitar untuk pemula.

Langkah pertama : belajar mengenal unsur body gitar

Pertama kita perlu menguasai seluruh unsur pada body gitar, karena akan terasa aneh jika sudah bisa main gitar tapi tidak tahu yang mana namanya tuner, neck, body, frets, string dan lain sebagainya. Untuk itu silahkan anda lihat di bawah ini panduannya.

Unsur Bodi Gitar

Langkah kedua : Belajar cara menyetem gitar untuk pemula

Pada tahap ini, belajarlah menyetem gitar atau tuning standar karena ini tidak terlalu sulit untuk di kuasai bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Yang terpenting adalah melatih pendengaran dan kepekaan anda terhadap suatu nada dulu. Nah, sebelum itu penting juga bagi anda untuk melihat/menguasai nada pada setiap frets gitar.
(www.caragitar.com) Nada Pada Frets Gitar  
Nada pada fretboard gitar di atas sebaiknya dihafalkan karena akan sangat berguna bagi seseorang yang punya rencana menjadi gitaris kedepannya. Untuk selanjutnya cara menyetem gitar.
  1. Coba bunyikan senar 6 dengan menekan fret ke 5. Lalu samakan bunyinya dengan bunyi senar ke 5 tanpa menekan apapun atau open string
  2. Coba bunyikan senar ke 5 dengan menekan fret ke 5. Lalu samakan bunyinya dengan bunyi senar ke 4 tanpa menekan apapun atau open string
  3. Coba bunyikan senar ke 4 dengan menekan fret ke 5. Lalu samakan bunyinya dengan bunyi senar ke 3 tanpa menekan apapun atau open string
  4. Coba bunyikan senar ke 3 dengan menekan fret ke 4. Lalu samakan bunyinya dengan bunyi senar ke 2 tanpa menekan apapun atau open string
  5. Coba bunyikan senar ke 2 dengan menekan fret ke 4. Lalu samakan bunyinya dengan bunyi senar ke 1 tanpa menekan apapun atau open string
  6. Selesai
Bagi yang ingin segera bisa menyetem gitar tanpa perlu repot dengan langkah di atas, bisa  juga menggunakan aplikasi PitchLab Pro. Untuk cara menggunakannya PitchLab Pro sendiri terbilang sangat mudah.
  1. Download aplikasi PitchLab Pro
  2. Instal dan buka aplikasinya
  3. Letakan smartphone anda tepat di depan gitar
  4. Bunyikan senar 1  sambil tangan kiri anda siap memutar pada tuners. Ketika senar 6 di bunyikan sambil tangan kiri memutar tuner, perhatikan jarum pada aplikasi PitchLab Pro hingga tegak lurus (Vertical) atau menunjukan lampu hijau. Jika sudah sesuai, lanjutkan pada senar berikutnya
  5. Selesai
Perlu diketahui bahwa cara ini memang cepat tapi saya tidak menyarankan karena anda tidak akan terlatih pendengarnnya. Jadi, cobalah belajar cara menyetem gitar tanpa menggunakan aplikasi apapun.

Langkah ketiga : Belajar mengenal dan menguasai chord dasar gitar

Menguasai chord dasar pada gitar adalah suatu hal yang wajib bagi siapapun yang ingin belajar gitar dengan sungguh-sungguh. Jika bisa menguasai dan menerapkan chord tersebut dengan sangat baik maka tahap pembelajaran ini akan berjalan dengan mudah karena anda telah memiliki dasar yang kuat.

Chord major pada gitar:
A, B, C, D, E, F, G.
 Chord minor pada gitar:
Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, Gm.
 Chord di atas wajib dihafalkan hingga diluar kepala serta pelajari dengan baik cara penekanan string sehingga menghasilkan bunyi yang jelas dan benar. Setelah itu baru melangka ke tahap selanjutnya.

Langkah keempat : Belajar chord progression pada gitar

Chord progression ialah pergerakan atau pergaintian chord yang satu ke chord yang lainya secara teratur. Perlu di ketahui bahwa untuk bisa melakukan pergerakan chord yang sempurna maka terlebih dahulu anda harus belajar cara menekan string gitar dengan baik. Dengan demikian bunyi yang di hasilkan akan lebih enak di dengar dan ketika belajar akan lebih semangat. Ok, langsung saja kita pelajari chord progression pada gitar.

Chord progression dasar 3 nada kita amabil C:
C - F - G
Chord progression dari nada mayor kita amabil contoh nada C:
C - Am - F - G
Chord progression dari nada minor kita amabil contoh nada Am:
Am - F - C - C

Selanjutnya kita bisa menerapkan pergerakan yang sama seperti di atas dengan nada dasar yang lainnya entah itu dari nada mayor ataupun minor jalurnya tetap sama.

Dalam beberapa kasus lagu seperti lagu Anima "Bintang", Ungu "Demi Waktu" serta Peterpan "Kumenatap langit (2DSD)"pergerakan chord di atas berlaku. Hanya saja biasa nada dasarnya beda tapi pergerakannya  sama seperti di atas.

Lalu bagaimana saya bisa tahu banyak tentang pergerakan  chord lainnya? Itulah gunanya ada langkah kelima.

Di sana anda akan belajar cara mendengarkan dan menguasai banyak lagu dan akan anda temukan sendiri banyaknya variasi pergerakan chord tersebut.

Langkah kelima : Cara melatih feeling bermain gitar

Pada tahap ini kita akan mencoba melatih sejauh mana pendengaran/kepekaan anda terhadap suatu lagu. Maksudnya di sini seberapa cepat feealing anda untuk bisa mengenali chord apa saja yang di mainkan dalam  suatu lagu. Berikut langsung saja tahapnya.
  1. Cobalah tentukan suatu lagu yang benar - benar anda belum pernah dengar sebelumnya. Kalau bisa jangan lagu keras seperti Metal atau Rock n Roll dulu, karena ini baru kali pertama anda untuk menguji sejauh mana kemampuan pendengaran/kepekaan  anda terhadap suatu lagu. Saran saya pilih salah satu lagu pop yang mudah  aja dulu seperti lagunya SO7, Peterpan, Gigi dan lainnya.
  2. Gunakan Smartphone atau PC untuk mendengarkan lagu tersebut sambil  anda mencoba mengenali nada apa saja yang dipakai dalam lagu tersebut. Usahakan untuk mengenalinya secara terpisah di mulai dari chorus dulu setelah itu bridge, lalu kemudian reff-nya.
  3. Setelah anda mengenali semua nada -nada dalam lagu tersebut, selanjutnya pelajarilah bagaimana petikan gitarnya. Ingat pada tahap ini selalu jaga tempo atau ketukan anda.
  4. Coba putarkan lagu tersebut sambil anda iringi kembali dari awal hingga akhir. Setelah itu mainkan kembali tanpa memutar lagu tersebut.
  5. Mintalah sahabat anda untuk menyanyikan lagu tersebut sambil anda mengiringi.
  6. Perhatikan jika dia terlihat menikmati lagu tersebut dari awal hingga akhir tanpa ada kerutan kening maka anda benar - benar sudah bisa menemukan nada yang tepat untuk suatu lagu.
Catatan : Cara ini sebaiknya terus - menerus anda lakukan sehingga anda memiliki banyak perbendaharan lagu yang bisa dikuasai dengan baik. Ingat, walaupun zaman sekarang kita bisa dengan mudah menemukan chord suatu lagu dari internet namun dengan menerapkan cara di atas mungkin akan lebih mempertajam feealing anda.

Komentar