Selebrasi unik 3 Agama para pemain Bali United ini berhasil menjadi sorotan Media Internasional

(www.twitter.com/baliutd) Selebrasi keberagaman Ngurah Nanak, Yabes Roni,  dan Miftahul Hamdi
Dunia sepak bola Indonesia kali ini mendapat sorotan  berbagai media Internasional. lewat aksi selebrasi gol Yabes Roni pemain Bali United.

Diketahui pada laga yang berlangsung Minggu 14 Mei 2017 lalu, Bali United berhasil menekuk lawannya  Borneo FC dengan skor 3 - 0. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Dipta Gianyar tersebut ketiga gol Bali United dicetak oleh Ahn Byung Keon dan dua gol lainnya oleh Yabes Roni.

Baca juga : Beginilah wajah masa kecil para bintang sepak bola dunia

Yang menarik dari laga tersebut adalah selebrasi spontan yang dilakukan oleh para pemain Bali United yaitu Ngurah Nanak (Hindu), Yabes Roni (Kristen), dan Miftahul Hamdi (Islam).

Seperti dilansir dari  Washington Post yang menyebutkan, "Tiga pemain bola Indonesia menjadi simbol seperti apa dunia yang lebih damai, dengan selebrasi unik gol yang tertangkap kamera," tulis Marissa Payne, (Rabu 7 Juni 2017).

"Foto ini menjadi penting dalam sejarah Indonesia, di tengah meningkatnya faksi politik Islamis yang kurang toleran dalam bulan-bulan terakhir ini dan mengancam pemerintah Indonesia yang lebih moderat dan sekuler," tulisnya lagi.

Pernyataan Payne tersebut tentu sangat sesuai dengan situasi keberagaman warga masyarakat Indonesia saat ini dimana tidak ada lagi pembatasan antara  Politik dan Agama. Bahkan Agama seakan menjadi topeng untuk kepentingan politik tertentu.

Selain itu,  Vice.com juga menuliskan bahwa selebrasi gol para pemain Bali United tersebut menunjukkan komitmen Indonesia dalam menjaga keberagaman serta menjadikan wajah sepakbola Tanah Air  lebih baik dari pemberitaan seputar keributan dan tawuran antara klub selama ini.

Saat ini foto yang diabadikan melalui kamera milik Miftahuddin Halim tersebut telah dibagikan lebih dari 12.500 kali di akun Facebook resmi Bali United dengan keterangan "Karena perbedaan keyakinan tidak akan menghalangi kami untuk mencapai tujuan yang sama,". Foto selebrasi unik 3 Agama para pemain Bali United ini juga mendapat berbagai pujian dari para Netizen.

"Subhanalloh adem liatnya klo begini Mind.. 
Jaga Bali mind jgn smp kaya dijakarta.. walaupun saya bukan dari bali tapi saya angkat topi buat kerukunan Umat disana
Smoga Bali tetap jaya" Tulis akun Mohamad Komarudin.

"Bali is the best.
BALI UNITED kebanggaan masyarakat BALI.
Jangan ganggu perbedaan kita sebagai bangsa Indonesia.
Kami rakyat Indonesia yang selalu menghormati perbedaan. Kami bukan orang2 yg seperti Anda selalu memperdebatkan perbedaan Agama, RAS, Suku, Budaya dll.

Darah kami adalah darah NKRI"Tulis akun I Nyoman Wijaya Putra.

"Moment ini yg sngat di tungggu ketika banyak orang di luar sana yg se akan menanyakan arti dari bhenika tunggal eka,,di bali hal itu sngat lah nyata,,ijin share dmin!!!" Tulis akun Mang Tera.

Komentar